Selamat datang di Blog Resmi Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK)Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Email : ppktanahgrogot@gmail.com. Facebook : ppk.tanahgrogot . Twitter : @ppktanahgrogot

Pilkada Paser

Minggu, 26 Juli 2015

Rawan Gugatan, Pemutahiran Data Pemilih Diseriusi

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, M Makbul menyampaikan, pihaknya sejak 15 Juli hingga 19 Agustus mendatang masuk dalam tahapan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) pada Pemutakhiran data pemilih yang dilaku-kan oleh Petugas Pemutakhiran Data pemilih (PPDP) setem-pat. Coklit adalah tahapan penting dalam rangka meng-hasilkan data pemilih yang berkualitas.
“Sesuai tahapan, saat ini kami tengah focus terhadap proses coklit di lapangan. Coklit menjadi sangat penting sekali dalam sebuah penyeleng-garaan pilkada, karena rawan gugatan, seperti yang terlihat pada pileg dan pilpres lalu” katanya kepada Koran Kaltim, Rabu (22/7).
Selain itu, lanjut Makbul, pihaknya tidak menginginkan ada warga yang telah memiliki hak pilih tetapi tidak terdaftar di daftar pemilih. “Makanya diperlukan ketelitian dan keseriusan serta cara yang betul agar seluruh masyarakat yang punya hak pilih bisa terdaftar,” sambungnya.
Menurutnya, diperlukan sinergi yang baik antara penyelenggara pemilu dengan elemen pemerintahan. “Mulai dari penyelenggara hingga ketua RT (rukun tetangga) dan RW (rukun warga) perlu bersinergi guna menghasilkan data pemilih yang berkualitas,” papar Makbul didampingi Komisioner KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid.
Ditambahkan Qayyim, masyarakat agar lebih proaktif dengan mencermati dan memastikan nama mereka tercantum dalam data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). “Pastikan apakah dirinya sudah terdaftar ke ketua RT-nya,”imbuhnya.(Sumber : Koran Kaltim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar